proses packing
Packing barang sangat penting sekali dalam proses pengiriman ekspedisi, terutama bagi pelaku usaha online yang setiap hari selalu melakukan pengirimana barang dari mulai jumlah yang seidikit sampai dalam jumlah banyak. Selain untuk menjaga keamanan barang yang dikirim juga agar terhindar dari komplain pelanggan. Untuk menghindari kerusakan terhadap barang yang akan dikirim tentu saja harung melakukan packing dengan baik sesuai jenis barang yang akan dikirim dan harus mengetahui jenis-jenis bahan packing yang pas sesuai jenis barang yang akan dikirim tersebut.

Ketahui Lama Pengiriman

Dengan mengetahui berapa lamanya waktu pengiriman akan membuat perkiraan pengemasan yang baik dan dapat menyesuaikan jenis bahan pengemasan yang sesuai. Untuk pengiriman dengan jarak tempuh yang jauh dan lama pengemasan harus lebih rapih dan aman karena kita tidak mengetahui diperjalanan akan terguncang dan tertindih oleh baranglain yang lebih berat dalam waktu yang sangat panjang sehingga akan mengakibatkan kerusakan, namun jika pengemasan dilakukan dengan tepat dan baik barang yang dikirim akan tetap aman sampai tujuan.

Mengetahui Jenis Barang Yang Akan Dikirim

Sebelum melakukan packing barang, terlebihdahulu harus mengetahui jenis barang yang akan dikirim sehingga dapat menyiapkan jenis pengemasan yang tepat untuk barang yang akan dikirim. mungkin jika hanya untuk pengiriman seperti pakaian atau barang-barang lainnya yang jenisnya adalahan kain memang tidak memerlukakan pengemasan yang khusus namun jika barang yang akan dikirim merupakan barang pecah belah, cairan, elektronik dan barang yang nilai materinya tinggi tentu saja harus menggunakan pengemasan khusus agar tidak rusak saat terkena guncangan atau kemungkinan-kemungkinan lainnya yang menyebabkan kerugian yang besar.

Jenis-jenis Bahan Dasar Packing

1. Plastik : Plastik merupakan jenis bahan dasar packing yang umum dan paling sering digunakan. biasanya untuk jenis pengirimana barang yang ringan dengan menggunakan pengemasan plastik saja sudah cukup. Seperti pakaian, atau jenis-jenis baranglainnya yang berbahan dasar kain.

2. Amplop : Amplop biasanya digunakan untuk pengemasan pengiriman surat-surat yang berbahan dasar kertas atau benda benda kecil lainnya. Namun untuk menjaga keamanan isi didalam amplop tersebut sangat dianjurkan ditambahkan plastik dalam pengemasan untuk menghindari kemungkinan terkena tetesan air yang tidak sengaja masuk kedalam tempat pengiriman.

3. Kardus : Packing menggunakan kardus sangat umum digunakan, bisa dipakai untuk packing pengiriman jenis barang apa saja mulai dari barang kecil sampai barang besar. namun jangan lupa ditambahkan packing tambahan untuk keamanan seperti buble wrap, kayu, atau styrofoam disesuaikan dengan barang yang akan dikirim.

Jenis-jenis Bahan Packing Tambahan Untuk Keamanan

1. Buble Wrap : Bubble wrap merupakan bahan plastik transparan dan lentur. Hemisfer yang terisi udara dan berjarak teratur dan memiliki bantalan-bantalan sangat cocok digunakan untuk packing barang-barang rapuh dan pecah belah.

2. Gabus Styrofoam : Gabus Styrofoam sangat sering kita jumpai pada kemasan barang elektronik yang berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan pada saat pengiriman. Dan memang sangat cocok sekali digunakan untuk packing barang elektronik yang berukuran kecil ataupun besar.

3. Kayu : Kayu merupakan packing yang paling aman untuk packing luar barang yang akan dikirim, dengan menggunakan packing berbahan kayu tidak perlu khawatir lagi barang akan penyok atau hancur karna tertimpa barang berat lainnya. namun jangan lupa sebelum menggunakan packing kayu terlebih dahulu dilapisi dengan packing styrofoam atau buble wrap agar barang yang dikirim lebih aman.

Setelah mengetahui jenis-jenis bahan packing diatas semoga dapat bermanfaat dan meningkatkan packing yang baik sehingga tidak akan terjadi lagi kerusakan dan kerugiakan dikarnakan proses pengiriman.