Kereta api sudah lama dikenal sebagai transportasi umum yang kecepatannnya sudah tidak diragukan lagi dibandingkan dengan transportasi umum lainnya seperti bus, ataupun kapal laut. Selain digunakan untuk mengangkut penumpang saat ini kereta api juga menjadi pilihan yang banyak diminati setiap orang untuk melakukan pengiriman barang melalui jasa ekspedisi yang sudah bekerjasama dengan PT. KAI terutama untuk pengiriman barang besar, salahsatunya yaitu pengirimana motor, barang elektronik seperti TV, Kulkas, dan lain sebagainya.

Mendekati waktu libur panjang seperti hari raya dan libur akhir tahun biasanya sudah mulai banyak orang yang menggunakan jasa ekspedisi kereta api untuk melakukan pengiriman sepeda motor atau barang-barang lainnya yang akan dikirim kekampung halaman sebagai buah tangan ataupun barang-barang pribadi yang akan digunakan sendiri.

Biasanya pengiriman sepeda motor melalui ekspedisi kereta api dikarnakan kebutuhan pemudik di kampung halaman agar lebih mudah berpergian dan berkunjung kemanapun dengan kendaraan pribadi dan juga menghindari macet dan kelelahan diperjalanan jika harus membawa kendaraan pribadi dari kota utama ke kota tujuan.

Namun ada beberapa yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengiriman motor melalui ekspedisi agar pengiriman aman dan aman :

1. Kosongkan Bagasi Motor

Untuk menghindari mungkinan yang terjadi lebih baik sebelum mengantarkan motor ke ekspedisi pengiriman jangan lupa untuk memeriksa isi bagasi motor terlebih dahulu, jika masih ada barang atau apapun lebih baik dikosongkan terlebih dahulu.

2. Kosongkan Bahan Bakar

Jangan lupa untuk mengosongkan bahaan bakar sepeda motor setelah sampai ekspedisi pengiriman. karena akan sangat berbahaya dan mumemungkinkan akan terjadi ledakan jika dalam proses pengiriman sepeda motor masih terisi bahan bakar. walaupun pihak ekspedisi akan memerikasa kembali sebelum packing kendaran lebih baik pengirim lebih bersikap waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkaan.

3.  Mengambil Foto Kendaraan yang Akan Dikirim

Pastikan untuk mengambil foto secara detail kendaraan yang akan dikirim. Jika terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan pada motor yang dikirim, pengirim bisa memperlihatkan foto tersebut kepada pihak ekspedisi sebagai bukti bahwa kendaraan saat dikirim dalam keadaan baik-baik saja sesuai foto yang diambil

4. Packing Barang

Nah packing barang merupakan salah satu proses penting dalam pengiriman. Jadi jangan lupa untuk memperhatikan packing yang digunakan agar barang yang dikirimkan tidak rusak diperjalanan. Namun biasanya pihak ekspedisi memiliki standar packing tersendiri, jika barang yang akan dikirim tidak memenuhi standar packing pihak ekspedisi akan membantu packing ulang barang tersebut.

5. Meminta Resi

Resi merupakan bukti pengiriman, sehingga sangat penting sekali. Dengan resi tersebut pengirim dapat memantau sudah sampai mana barang yang sedang dikirim dan jika terjadi keterlambatan atau hal-hal yang tidak diinginkan akan mempermudah pengirim untuk menyampaikan keluhan kepada pihak ekspedisi.

Itu dia beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum melakukan pengiriman barang melalui ekspedisi kereta api.

Keuntungan Melakukan Pengiriman Dengan Ekspedisi Kereta :

1. Pengiriman lebih cepat dan sampai tepat waktu

2. Pengiriman lebih aman dari ancaman kejahatan diperjalanan

Dengan jasa layanan pengiriman kereta api banyak keuntungan yang didapat selain harga yang lebih murah dan pengiriman yang lebih cepat barang yang dikirimpun bisa memuat barang yang besar dan berat seperti sepeda motor ataupun barang elektronik besar lainnya.